Banyaknya kegiatan pasti membuat kamu ingin ‘kabur’ dan segera menikmati liburan panjang, entah seorang diri atau bersama pasangan. Iya ‘kan?

Tapi, padatnya jadwal harian tentunya menjadikan kamu tidak leluasa untuk berlibur. Apalagi jika kesempatan cuti sudah habis terpakai dan simpanan uang sudah habis digunakan untuk memenuhi keperluan lain.

Kamu bisa memanfaatkan akhir pekan, tanggal merah, bahkan momen pergantian tahun untuk liburan. Maunya sih setiap tahun ada jadwal khusus untuk bersantai jauh dari kesibukan harian, tapi apa kabar dengan budget?

Tenang saja, Republikwisata punya beberapa tips supaya kamu bisa merasakan liburan setiap tahun! Simak yuk!

Menyusun Rencana Perjalanan (Itinerary)

Cobalah untuk membuat rencana perjalanan yang lebih rinci dan terarah, mulai dari waktu hingga kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama liburan.

1. Tentukan Waktu Liburan

Pertama, cek kalender kamu. Lihat, tanggal berapa kamu bisa bebas dari kegiatan dan berapa lama. Tentukan tanggal yang tepat agar kamu tidak diburu deadline aktivitas lainnya.

Dengan mengetahui jumlah tanggal liburan, kamu akan bisa menentukan kembali hal-hal berikut ini:

Waktu keberangkatan dan waktu pulang

Destinasi wisata

Persiapan liburan

Budget liburan

Dengan adanya tanggal pasti kapan kamu liburan, persiapan kamu akan lebih maksimal dan liburanmu juga akan terarah dengan baik.

Selain itu, tiket transportasinya pun bisa kamu persiapkan dari jauh-jauh hari sehingga tidak perlu kehabisan tiket karena jadwalnya tidak tepat. Kalau hal itu terjadi, kamu masih bisa mencari alternatif moda lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menuju ke lokasi liburan.

2. Tentukan Destinasi Liburan

Selanjutnya adalah menentukan destinasi liburan.

Jika kamu memiliki hari libur sekitar satu minggu lebih, kamu bisa berlibur ke luar kota, ke luar pulau atau bahkan ke luar negeri. Tidak ada yang melarang kamu untuk pergi jauh dari tempat asal kamu, kok.

Namun, jika waktu yang kamu miliki hanya sebentar dalam hitungan hari (1-3 hari), kamu tetap bisa liburan meskipun hanya mengunjungi destinasi yang tidak jauh dari tempat tinggal kamu. Kamu bisa staycation, ke pantai, atau mengunjungi destinasi wisata yang menyenangkan di wilayah kamu.

Seru kok! Apalagi perginya bersama pasangan dan teman-teman dekat kamu, yang penting bisa melepas penat!

3. Rangkum Itinerary Kamu

Setelah mengetahui waktu liburan dan destinasi liburan, ini saatnya kamu merangkum itinerary kamu!

Cari tahu lebih dulu mengenai informasi destinasi wisata yang ingin kamu datangi, kemudian catat.

Buatlah timeline liburan kamu beserta biaya yang dibutuhkan. Jabarkan dengan lengkap dan jelas untuk setiap kegiatan kamu selama liburan https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-indonesia/.

Rencanakan budget kamu, mulai dari transportasi, konsumsi, dan biaya-biaya tidak terduga lainnya.

Dengan menyusun beberapa hal di atas, liburan kamu akan lebih terstruktur dan kamu akan lebih merasa nyaman menjalaninya.

Tips: Kamu bisa gunakan jasa tour travel atau open trip yang biasanya seluruh kegiatan sudah diatur oleh pihak manajemen/panitia yang terlibat.

Mempersiapkan Dana (Budgeting)

Setelah menyusun rencana perjalanan (itinerary) dengan baik, selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu mempersiapkan dana untuk merealisasikan itinerary tersebut.

Salah satunya termasuk menyiapkan dana darurat apabila terjadi sesuatu di luar dugaan sehingga membutuhkan dana untuk menyelesaikannya.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan supaya bisa pergi liburan setiap tahunnya.

1. Hemat

Rencana kamu mungkin sudah sangat matang dan nominal biaya untuk perjalanan liburan juga sudah kamu tentukan. Sekarang, bagaimana caranya agar nominal tersebut bisa terpenuhi?

Berhemat adalah salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mencapai target budget kamu. Supaya bisa berhemat, usahakan untuk selalu membedakan: biaya untuk keperluan sehari-hari, dengan biaya lain yang dikhususkan untuk keperluan lainnya yang tidak terlalu mendesak.

2. Menabung

Lain halnya dengan berhemat, kamu juga harus menabung. Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengumpulkan dana dengan cepat. Sederhananya, mulailah menabung dengan uang yang berhasil kamu hemat.

Misalnya, sesuai dengan 50-30-20 Rule, kamu menyisihkan 20% uang dari pendapatan kamu untuk ditabung. Jika pendapatan rutin kamu adalah Rp6.000.000/bulan, maka kamu akan menabung sebesar Rp1.200.000/bulan.

Apabila budget yang kamu butuhkan untuk liburan sebesar Rp5 juta, maka berapa bulan kamu harus menabung agar terkumpul Rp5 juta?

Rp5.000.000 : Rp1.200.000 = 4,16

Itu artinya, kamu membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan untuk mengumpulkan biaya liburan sebesar Rp5 juta.

Mudah kan? Dengan begitu, rencana liburan kamu setiap tahun akan terlaksana!

3. Berinvestasi

Demi mencapai suatu target keuangan, termasuk biaya liburan, menabung tetap perlu dilakukan. Namun, nilai uang yang ditabung bisa saja tergerus secara perlahan, apalagi jika kamu menggunakan jasa perbankan (terdapat biaya administrasi tambahan setiap bulan).

Oleh karena itu, coba berinvestasi yuk! Mengapa demikian? Supaya nilai uang kamu bisa konsisten dari waktu ke waktu, bahkan nominalnya kemungkinan besar akan terus bertambah.

Baca Juga Artikel Terkait Lainya:

Oleh-Oleh Khas Gorontalo

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Oleh-Oleh Khas Jawa Barat

Oleh-Oleh Khas Bogor

Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya

Wisata Jember

Wisata Jombang

Wisata Kediri

Wisata Madiun

Wisata Magetan

Link Artikel Terkait Lainya:

https://www.data.gov.et/uploads/user/2022-04-02-042504.400112wisata.html

http://www.gdcatalog.go.th/uploads/user/2022-04-02-051929.522609wisata.html

https://ckan.salud.gov.pr/uploads/user/2022-04-02-054552.238544wisata.html

https://satudata.bangka.go.id/uploads/user/2022-04-02-061237.713104wisata.html

http://159.89.51.85/uploads/user/2022-04-02-073221.606923wisata.html

http://ppid.niasutarakab.go.id/storage/avatars/xh7uOhXWQaQBEW40Or7ClHKK4UIXPAmyehXpesxY.html

https://ppid.jambiprov.go.id/storage/avatars/xh7uOhXWQaQBEW40Or7ClHKK4UIXPAmyehXpesxY.html

http://ppid.tapselkab.go.id/storage/avatars/xh7uOhXWQaQBEW40Or7ClHKK4UIXPAmyehXpesxY.html

http://ppid.badungkab.go.id/storage/avatars/xh7uOhXWQaQBEW40Or7ClHKK4UIXPAmyehXpesxY.html

https://ppid.batam.go.id/storage/avatars/xh7uOhXWQaQBEW40Or7ClHKK4UIXPAmyehXpesxY.html